Saturday, April 2, 2016

Unbroken, Bangkit Karena Pengampunan


Sutradara: Angelina Jolie
Produser : Mathew Baer, Angelina Jolie, Erwin Stoff, Clayton Townsend.
Pemeran Utama : Jack O'Connell (Louis Zamperini)
Berdasarkan : Unbroken karya Laura Hillenbrand
Rilis : 25 Desember 2014

Louis Zamperini pemuda dari keluarga imigran asal Italia yang tinggal di Amerika Serikat. Saat remaja ia dikenal nakal dan kerap meresahkan  orang tua. Diam-diam kakaknya justru melihat bakat berlari Louie dan berkeras melatihnya menjadi atlet lari cepat. Louis remaja berhasil menjadi atlet lari dan mewakili Amerika Serikat di ajang Olimpiade tahun 1936 di Berlin, Jerman.

Louie berangan suatu saat akan ke Tokyo, di ajang Olimpiade berikutnya. Louie tidak menyadari akan bahaya angannya tersebut. Jika kelak dengan cara apa dia tiba di Tokyo, dengan caraNya Tuhan akan berikan jalan.



Unbrokenfilm.com

Saat Perang Dunia II, Louie bergabung dalam tugas militer di pesawat tempur United State Air. Bertugas sebagai juru ledak bom yang dijatuhkan dari atas pesawat. Tugas yang akan mengantarnya ke Tokyo. Misi pertamanya sukses menghancurkan beberapa wilayah Jepang, meski beberapa temannya terluka dan meninggal. Pesawatnya berhasil mendarat kembali ke Pangkalan. Maka kemudian Louis dan timnya mendapat misi kedua, yaitu penyelamatan tim lain yang tertawan di wilayah Jepang.

Melintasi Lautan Pasifik yang sangat luas, pesawat tiba-tiba rusak dan terjatuih di laut. Hanya Louis serta dua temannya yang berhasil selamat dengan mengapung di sekoci. Louis, Phil, dan Mac mampu bertahan sebulan lebih di atas sekoci dengan memakan daging ikan mentah. Setiap ada pesawat yang melintas, mereka berusahan memberikan tanda agar mendapat pertolongan. Hingga suatu hari mereka tak menyadari bahwa pesawat yang melintas adalah pesawat Jepang. Mereka pun memberi tanda suar, berharap keberadaaan mereka diketahui. Balasan hujan peluru pun harus mereka terima. Beruntung, mereka berhasil selamat dari tembakan dengan mencebur ke laut.

Namun sayang, Mac kemudian tak mampu bertahan. Mayatnya pun dihanyutkan ke lautan. Tinggal Louis dan Phil berdua, dalam bayang kematian tanpa harapan mereka pasrah. Hingga saat mereka bangun dari tidur siang yang terik, mereka dikagetkan dengan keberadaan kapal tentara Jepang yang membawa mereka ke kamp tawanan.

Di dalam kamp tawanan itu para tentara Amerika disiksa dengan kerja paksa. Dalam kamp itu Louis bertemu dengan Kopral Matsuhiro Watanabe yang dikenal kejam. Louis yang berulangkali disiksa dengan berbagai alasan oleh perintah Watanabe, tak menaruh dendam pada Watanabe. Justru Louis merasa kasihan. Watanabe mengaku iri atas kuatnya Louis menahan siksa sehingga tak sedikitpun membuat Louis nelangsa.

Xoomclips.com
Film berdasarkan novel biografi karya Laura Hillenbrand ini digarap apik oleh Jolie. Atas pendekatan Jolie secara pribadi kepada sosok asli Louis Zamperini, film ini mampu mendapatkan ruhnya. Karakter Louie remaja sebagai anak nakal yang punya tekad kuat untuk selalau jadi pemenang. Pun karakter Louis dewasa sebagai orang yang diuji kekuatannya bukan saat berperang maupun ditawan. Melainkan saat ia mendapatkan kemerdekaannya, dan memaafkan Watanabe. Karena baginya, kekuatan untuk bangkit adalah dengan pengampunan.

Meski Unbroken terbilang sukses di pasar film, namun menuai kontroversi dari masyarakat Jepang. Mereka tidak terima dengan tuduhan yang digambarkan dalam film ini. Bahwa tentara Jepang itu kejam dan tidak manusiawi. Toh tuduhan ini mampu diperkuat dengan berbagai bukti dan dokumentasi yang berhasil disimpan. Seperti dalam potongan film saat Louis dikurung dalam ruangan yang terdapat tembok ukiran nama para tawanan. Louis sempat menanyakan ke mana para tawanan itu? Pimpinan tentara Jepang menjawab bahwa mereka sudah digantung.

Dan cerita kekejaman tentara Jepang juga santer kita dengar dari cerita kakek dan nenek kita. Jepang, meski hanya menjajah Indonesia selama tiga setengah tahun saja, tapi kejamnya luar biasa. 

No comments:

Post a Comment